HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.161.3.96
Pengunjung : 229.321






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

VISI, MISI DAN TUJUAN SMK PIUS X MAGELANG

 

PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA

 

  1. A.    Tujuan Pendidikan Menengah

Pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada dua hal yaitu meningkatkan rata-rata   lama   sekolah   penduduk   usia   15   tahun   ke   atas   dan   meningkatkan relevansi    lulusan    pendidikan    menengah    terhadap    dunia    kerja.    Untuk    itu pemerintah   menjamin   akses   pendidikan   menengah   seluas-luasnya   sehingga diharapkan  dapat  menaikkan  rata-rata  kualifikasi  tenaga  kerja  di  Indonesia  yang

saat ini didominasi oleh lulusan pendidikan dasar.

Peningkatan  akses pendidikan menengah  wajib  diselaraskan  dengan  akselerasi peningkatan   mutu   pendidikan.   Pendidikan menengah   tidak   hanya   mencetak lulusan pendidikan menengah yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi namun juga  mempersiapkan  lulusan  SMK  memiliki  ketrampilan  memadai  untuk  menjadi  tenaga   kerja   siap   pakai   dan   trampil.

Kompetensi keahlian  SMK  berakreditasi  minimal  B.  Pemerintah  secara  kontinu  berusaha  mendorong  peningkatan  layanan  pendidikan  menengah  seperti peningkatan  kualifikasi  dan  kompetensi  guru,penyediaan  sarana  dan  prasarana pendidikan,   rehabilitasi   prasarana   pendidikan,pengembangan   kurikulum   dan adaptasi  Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI )

  1. B.     Visi Satuan Pendidikan

 Visi SMK Pius X

“Iman kuat dan kompetensi tinggi membentuk pribadi utuh  dan unggul dalam berkompetisi, berwawasan kebangsaan serta peduli lingkungan hidup “

  1. C.    Misi Satuan pendidikan

1)          Meningkatkan profesionalitas ketenagaan .

2)      Meningkatkan kualitas dan kuantitas calon peserta didik dengan lebih memperhatikan yang  berkesesakan hidup .

3)      Melaksanakan KBM yang lebih berkualitas, dengan lebih mengembangkan pendidikan karakter bangsa, ketarakanitaan dan peduli lingkungan hidup.

4)      Mengoptimalkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan masyarakat

 

  1. D.    Tujuan Satuan pendidikan

1)      Menyiapkan peserta didik agar mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi program keahlian yang dipilihnya.

2)      Memilih karier, ulet, gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.

3)      Menciptakan manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup, secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efesien

4)      Meningkatkan mutu pendididikan meliputi proses pelaksanaan kurikulum yang didasari atas kebutuhan dan proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para peserta didik dimasa mendatang.

 

  1. E.     Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan program studi keahlian tata busana  membekali peserta  didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

1)    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik

2)    Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab

3)    Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat , memiliki wawasan , pengetahuan , seni dan menguasai tehnologi.

4)    Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir , berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian Tata busana

5)    Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Program Keahlian Tata Busana , agar dapat bekerja baik secara mandiri/wirausaha atau bekerja di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah (Madya).

6)    Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan ketrampilan tambahan (muatan lokal) yang relevan dengan program studi keahlian tata busana untuk pengembangan kecakapan hidup.

7)    Mendidik peserta didik agar dapat Menerapkan keselamatan, Kesehatan kerja dan lingkungan Hidup ( K3LH), melaksanakan pemeliharaan kecil, melaksanakan layanan secara prima kepada pelanggan ( Custumer care)

8)    Peserta didik dapat menggambar busana, membuat pola, membuat busana wanita, membuat busana pria, membuat busana anak, membuat busana bayi, memilih bahan baku busana dan membuat hiasan pada busana sesuai dengan perkembangan mode busana.

 

PROGRAM KEAHLIAN : JASA BOGA

 

  1. A.    Tujuan Pendidikan Menengah

Pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada dua hal yaitu meningkatkan rata-rata   lama   sekolah   penduduk   usia   15   tahun   ke   atas   dan   meningkatkan relevansi    lulusan    pendidikan    menengah    terhadap    dunia    kerja.    Untuk    itu pemerintah   menjamin   akses   pendidikan   menengah   seluas-luasnya   sehingga diharapkan  dapat  menaikkan  rata-rata  kualifikasi  tenaga  kerja  di  Indonesia  yang

saat ini didominasi oleh lulusan pendidikan dasar.

Peningkatan  akses pendidikan menengah  wajib  diselaraskan  dengan  akselerasi peningkatan   mutu   pendidikan.   Pendidikan menengah   tidak   hanya   mencetak lulusan pendidikan menengah yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi namun juga  mempersiapkan  lulusan  SMK  memiliki  ketrampilan  memadai  untuk  menjadi  tenaga   kerja   siap   pakai   dan   trampil.

Kompetensi keahlian  SMK  berakreditasi  minimal  B.  Pemerintah  secara  kontinu  berusaha  mendorong  peningkatan  layanan  pendidikan  menengah  sepertipeningkatan  kualifikasi  dan  kompetensi  guru,penyediaan  sarana  dan  prasarana pendidikan,   rehabilitasi   prasarana   pendidikan,pengembangan   kurikulum   dan adaptasi  Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI )

  1. B.     Visi Satuan Pendidikan

 Visi SMK Pius X

“Iman kuat dan kompetensi tinggi membentuk pribadi utuh  dan unggul dalam berkompetisi, berwawasan kebangsaan serta peduli lingkungan hidup “.

 

  1. C.             Misi Satuan pendidikan
  2. Meningkatkan profesionalitas ketenagaan .
    1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas calon peserta didik dengan lebih memperhatikan yang  berkesesakan hidup .
    2. Melaksanakan KBM yang lebih berkualitas, dengan lebih mengembangkan pendidikan karakter bangsa, ketarakanitaan dan peduli lingkungan hidup.
    3. Mengoptimalkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan masyarakat

 

  1. D.             Tujuan Satuan pendidikan
    1. Menyiapkan peserta didik agar mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi program keahlian yang dipilihnya.
    2. Memilih karier, ulet, gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
    3. Mengembangkan nilai kehidupan, pengetahuan dan ketrampilan sesuai jurusan yang dipilihnya untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain dan menjadi pelaku perubahan sosial pada lingkungannya
    4. Menciptakan manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup, secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efesien
    5. Meningkatkan mutu pendididikan meliputi proses pelaksanaan kurikulum yang didasari atas kebutuhan dan proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para peserta didik dimasa mendatang.

 

 

  1. E.              Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan program studi keahlian tata boga  membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

a>               Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik

b>             Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab

c>             Mendidik peserta didik agar dapat melaksanakan K3 dan sanitasy dan higiene ,  memiliki wawasan , pengetahuan , seni dan menguasai tehnologi.

d>            Mengolah dan menyajikan makanan kontinental yang terdiri dari  appetizer dan salad, soup, main course dan dessert

e>             Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, soup dan soto, nasi dan mie, hidangan pokok dari nabati maupun hewani, sayuran dan hidangan penutup

f>              Melayani makan dan minum baik di restoran secara ala carte, table d’hote maupun room service, serta menata meja secara american, french, english, russian dan buffet service

g>               Mengolah  makanan untuk kesempatan khusus

h>               Mengolah dan menyajikan aneka minuman non-alkohol

i>               Membuat rencana dan melaksanakan pengelolaan usaha jasa boga produk home industry

j>                 Menghitung kebutuhan gizi dan mengolah hidangan diet khusus

k>             Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan

 

PROGRAM KEAHLIAN : PATISERI

 

  1. A.    Tujuan Pendidikan Menengah

Pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada dua hal yaitu meningkatkan rata-rata   lama   sekolah   penduduk   usia   15   tahun   ke   atas   dan   meningkatkan relevansi    lulusan    pendidikan    menengah    terhadap    dunia    kerja.    Untuk    itu pemerintah   menjamin   akses   pendidikan   menengah   seluas-luasnya   sehingga diharapkan  dapat  menaikkan  rata-rata  kualifikasi  tenaga  kerja  di  Indonesia  yang

saat ini didominasi oleh lulusan pendidikan dasar.

Peningkatan  akses pendidikan menengah  wajib  diselaraskan  dengan  akselerasi peningkatan   mutu   pendidikan.   Pendidikan menengah   tidak   hanya   mencetak lulusan pendidikan menengah yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi namun juga  mempersiapkan  lulusan  SMK  memiliki  ketrampilan  memadai  untuk  menjadi  tenaga   kerja   siap   pakai   dan   trampil.

Kompetensi keahlian  SMK  berakreditasi  minimal  B.  Pemerintah  secara  kontinu  berusaha  mendorong  peningkatan  layanan  pendidikan  menengah  seperti peningkatan  kualifikasi  dan  kompetensi  guru, penyediaan  sarana  dan  prasarana pendidikan,   rehabilitasi   prasarana   pendidikan, pengembangan   kurikulum   dan adaptasi  Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI )

  1. B.            Visi Satuan Pendidikan

 Visi SMK Pius X

“Iman kuat dan kompetensi tinggi membentuk pribadi utuh  dan unggul dalam berkompetisi, berwawasan kebangsaan serta peduli lingkungan hidup “

  1. C.             Misi Satuan pendidikan
  2. Meningkatkan profesionalitas ketenagaan .
    1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas calon peserta didik dengan lebih memperhatikan yang  berkesesakan hidup .
    2. Melaksanakan KBM yang lebih berkualitas, dengan lebih mengembangkan pendidikan karakter bangsa, ketarakanitaan dan peduli lingkungan hidup.
    3. Mengoptimalkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan masyarakat

 

  1. D.             Tujuan Satuan pendidikan
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi program keahlian yang dipilihnya.
  3. Memilih karier /memiliki karakter, ulet, gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  4. Menciptakan manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup, secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efesien.
  5. Meningkatkan mutu pendididikan meliputi proses pelaksanaan kurikulum yang didasari atas kebutuhan dan proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para peserta didik dimasa mendatang.

 

 

 

 

  1. E.              Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan program studi keahlian tata boga kompetensi keahlian patiseri membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

9)        Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik

10)     Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab

11)     Mendidik peserta didik agar dapat melaksanakan K3 dan sanitasi dan higiene ,  memiliki wawasan , pengetahuan , seni dan menguasai tehnologi.

12)     Mengolah dan menyajikan kue Indonesia

13)     Mengolah dan menyajikan kue kontinental

14)     Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan

15)     Mengelola usaha kue dan roti

16)     Mengolah dan menyajikan produk kue dan roti untuk diet khusus

17)     Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan

 

 

Magelang, 1 Juli 2016

Kepala Sekolah

 

 

 

Dra. Demetria Anjar Wulansari