HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.204.227.117
Pengunjung : 523.309


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

VISI, MISI DAN TUJUAN SMK PIUS X MAGELANG

 

PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA

 

  1. A.    Tujuan Pendidikan Menengah

Pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada dua hal yaitu meningkatkan rata-rata   lama   sekolah   penduduk   usia   15   tahun   ke   atas   dan   meningkatkan relevansi    lulusan    pendidikan    menengah    terhadap    dunia    kerja.    Untuk    itu pemerintah   menjamin   akses   pendidikan   menengah   seluas-luasnya   sehingga diharapkan  dapat  menaikkan  rata-rata  kualifikasi  tenaga  kerja  di  Indonesia  yang

saat ini didominasi oleh lulusan pendidikan dasar.

Peningkatan  akses pendidikan menengah  wajib  diselaraskan  dengan  akselerasi peningkatan   mutu   pendidikan.   Pendidikan menengah   tidak   hanya   mencetak lulusan pendidikan menengah yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi namun juga  mempersiapkan  lulusan  SMK  memiliki  ketrampilan  memadai  untuk  menjadi  tenaga   kerja   siap   pakai   dan   trampil.

Kompetensi keahlian  SMK  berakreditasi  minimal  B.  Pemerintah  secara  kontinu  berusaha  mendorong  peningkatan  layanan  pendidikan  menengah  seperti peningkatan  kualifikasi  dan  kompetensi  guru,penyediaan  sarana  dan  prasarana pendidikan,   rehabilitasi   prasarana   pendidikan,pengembangan   kurikulum   dan adaptasi  Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI )

  1. B.     Visi Satuan Pendidikan

 Visi SMK Pius X

“Iman kuat dan kompetensi tinggi membentuk pribadi utuh  dan unggul dalam berkompetisi, berwawasan kebangsaan serta peduli lingkungan hidup “

  1. C.    Misi Satuan pendidikan

1)          Meningkatkan profesionalitas ketenagaan .

2)      Meningkatkan kualitas dan kuantitas calon peserta didik dengan lebih memperhatikan yang  berkesesakan hidup .

3)      Melaksanakan KBM yang lebih berkualitas, dengan lebih mengembangkan pendidikan karakter bangsa, ketarakanitaan dan peduli lingkungan hidup.

4)      Mengoptimalkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan masyarakat

 

  1. D.    Tujuan Satuan pendidikan

1)      Menyiapkan peserta didik agar mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi program keahlian yang dipilihnya.

2)      Memilih karier, ulet, gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.

3)      Menciptakan manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup, secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efesien

4)      Meningkatkan mutu pendididikan meliputi proses pelaksanaan kurikulum yang didasari atas kebutuhan dan proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para peserta didik dimasa mendatang.

 

  1. E.     Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan program studi keahlian tata busana  membekali peserta  didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

1)    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik

2)    Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab

3)    Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat , memiliki wawasan , pengetahuan , seni dan menguasai tehnologi.

4)    Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir , berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian Tata busana

5)    Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Program Keahlian Tata Busana , agar dapat bekerja baik secara mandiri/wirausaha atau bekerja di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah (Madya).

6)    Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan ketrampilan tambahan (muatan lokal) yang relevan dengan program studi keahlian tata busana untuk pengembangan kecakapan hidup.

7)    Mendidik peserta didik agar dapat Menerapkan keselamatan, Kesehatan kerja dan lingkungan Hidup ( K3LH), melaksanakan pemeliharaan kecil, melaksanakan layanan secara prima kepada pelanggan ( Custumer care)

8)    Peserta didik dapat menggambar busana, membuat pola, membuat busana wanita, membuat busana pria, membuat busana anak, membuat busana bayi, memilih bahan baku busana dan membuat hiasan pada busana sesuai dengan perkembangan mode busana.

 

PROGRAM KEAHLIAN : JASA BOGA

 

  1. A.    Tujuan Pendidikan Menengah

Pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada dua hal yaitu meningkatkan rata-rata   lama   sekolah   penduduk   usia   15   tahun   ke   atas   dan   meningkatkan relevansi    lulusan    pendidikan    menengah    terhadap    dunia    kerja.    Untuk    itu pemerintah   menjamin   akses   pendidikan   menengah   seluas-luasnya   sehingga diharapkan  dapat  menaikkan  rata-rata  kualifikasi  tenaga  kerja  di  Indonesia  yang

saat ini didominasi oleh lulusan pendidikan dasar.

Peningkatan  akses pendidikan menengah  wajib  diselaraskan  dengan  akselerasi peningkatan   mutu   pendidikan.   Pendidikan menengah   tidak   hanya   mencetak lulusan pendidikan menengah yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi namun juga  mempersiapkan  lulusan  SMK  memiliki  ketrampilan  memadai  untuk  menjadi  tenaga   kerja   siap   pakai   dan   trampil.

Kompetensi keahlian  SMK  berakreditasi  minimal  B.  Pemerintah  secara  kontinu  berusaha  mendorong  peningkatan  layanan  pendidikan  menengah  sepertipeningkatan  kualifikasi  dan  kompetensi  guru,penyediaan  sarana  dan  prasarana pendidikan,   rehabilitasi   prasarana   pendidikan,pengembangan   kurikulum   dan adaptasi  Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI )

  1. B.     Visi Satuan Pendidikan

 Visi SMK Pius X

“Iman kuat dan kompetensi tinggi membentuk pribadi utuh  dan unggul dalam berkompetisi, berwawasan kebangsaan serta peduli lingkungan hidup “.

 

  1. C.             Misi Satuan pendidikan
  2. Meningkatkan profesionalitas ketenagaan .
    1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas calon peserta didik dengan lebih memperhatikan yang  berkesesakan hidup .
    2. Melaksanakan KBM yang lebih berkualitas, dengan lebih mengembangkan pendidikan karakter bangsa, ketarakanitaan dan peduli lingkungan hidup.
    3. Mengoptimalkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan masyarakat

 

  1. D.             Tujuan Satuan pendidikan
    1. Menyiapkan peserta didik agar mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi program keahlian yang dipilihnya.
    2. Memilih karier, ulet, gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
    3. Mengembangkan nilai kehidupan, pengetahuan dan ketrampilan sesuai jurusan yang dipilihnya untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain dan menjadi pelaku perubahan sosial pada lingkungannya
    4. Menciptakan manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup, secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efesien
    5. Meningkatkan mutu pendididikan meliputi proses pelaksanaan kurikulum yang didasari atas kebutuhan dan proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para peserta didik dimasa mendatang.

 

 

  1. E.              Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan program studi keahlian tata boga  membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

a>               Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik

b>             Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab

c>             Mendidik peserta didik agar dapat melaksanakan K3 dan sanitasy dan higiene ,  memiliki wawasan , pengetahuan , seni dan menguasai tehnologi.

d>            Mengolah dan menyajikan makanan kontinental yang terdiri dari  appetizer dan salad, soup, main course dan dessert

e>             Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, soup dan soto, nasi dan mie, hidangan pokok dari nabati maupun hewani, sayuran dan hidangan penutup

f>              Melayani makan dan minum baik di restoran secara ala carte, table d’hote maupun room service, serta menata meja secara american, french, english, russian dan buffet service

g>               Mengolah  makanan untuk kesempatan khusus

h>               Mengolah dan menyajikan aneka minuman non-alkohol

i>               Membuat rencana dan melaksanakan pengelolaan usaha jasa boga produk home industry

j>                 Menghitung kebutuhan gizi dan mengolah hidangan diet khusus

k>             Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan

 

PROGRAM KEAHLIAN : PATISERI

 

  1. A.    Tujuan Pendidikan Menengah

Pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada dua hal yaitu meningkatkan rata-rata   lama   sekolah   penduduk   usia   15   tahun   ke   atas   dan   meningkatkan relevansi    lulusan    pendidikan    menengah    terhadap    dunia    kerja.    Untuk    itu pemerintah   menjamin   akses   pendidikan   menengah   seluas-luasnya   sehingga diharapkan  dapat  menaikkan  rata-rata  kualifikasi  tenaga  kerja  di  Indonesia  yang

saat ini didominasi oleh lulusan pendidikan dasar.

Peningkatan  akses pendidikan menengah  wajib  diselaraskan  dengan  akselerasi peningkatan   mutu   pendidikan.   Pendidikan menengah   tidak   hanya   mencetak lulusan pendidikan menengah yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi namun juga  mempersiapkan  lulusan  SMK  memiliki  ketrampilan  memadai  untuk  menjadi  tenaga   kerja   siap   pakai   dan   trampil.

Kompetensi keahlian  SMK  berakreditasi  minimal  B.  Pemerintah  secara  kontinu  berusaha  mendorong  peningkatan  layanan  pendidikan  menengah  seperti peningkatan  kualifikasi  dan  kompetensi  guru, penyediaan  sarana  dan  prasarana pendidikan,   rehabilitasi   prasarana   pendidikan, pengembangan   kurikulum   dan adaptasi  Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI )

  1. B.            Visi Satuan Pendidikan

 Visi SMK Pius X

“Iman kuat dan kompetensi tinggi membentuk pribadi utuh  dan unggul dalam berkompetisi, berwawasan kebangsaan serta peduli lingkungan hidup “

  1. C.             Misi Satuan pendidikan
  2. Meningkatkan profesionalitas ketenagaan .
    1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas calon peserta didik dengan lebih memperhatikan yang  berkesesakan hidup .
    2. Melaksanakan KBM yang lebih berkualitas, dengan lebih mengembangkan pendidikan karakter bangsa, ketarakanitaan dan peduli lingkungan hidup.
    3. Mengoptimalkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan masyarakat

 

  1. D.             Tujuan Satuan pendidikan
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai kompetensi program keahlian yang dipilihnya.
  3. Memilih karier /memiliki karakter, ulet, gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  4. Menciptakan manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup, secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efesien.
  5. Meningkatkan mutu pendididikan meliputi proses pelaksanaan kurikulum yang didasari atas kebutuhan dan proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para peserta didik dimasa mendatang.

 

 

 

 

  1. E.              Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan program studi keahlian tata boga kompetensi keahlian patiseri membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

9)        Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik

10)     Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab

11)     Mendidik peserta didik agar dapat melaksanakan K3 dan sanitasi dan higiene ,  memiliki wawasan , pengetahuan , seni dan menguasai tehnologi.

12)     Mengolah dan menyajikan kue Indonesia

13)     Mengolah dan menyajikan kue kontinental

14)     Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan

15)     Mengelola usaha kue dan roti

16)     Mengolah dan menyajikan produk kue dan roti untuk diet khusus

17)     Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan

 

 

Magelang, 1 Juli 2016

Kepala Sekolah

 

 

 

Dra. Demetria Anjar Wulansari