HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.234.143.26
Pengunjung : 562.031


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Mengintip Tentang Busana & Desain


Selasa; 21 October 2014 [Tim WEB SPIXMA, SMK PIUS X MAGELANG] - Artikel Umum

Busana yang melekat  pada tubuh  kita setiap hari di buat tidak asal jadi, tetapi memerlukan proses dari pola sampai menjadi busana yang dapat di pakai. Di SMK PIUS X Magelang terdapat salah satu kompetnsi jurusan  yang mengajarkan kita untuk  merubah lembaran kain menjadi busana yang indah.

Sebelum masuk pada proses menjahit, terlebih dahulu harus membuat desain dan pola. Desain sebagai patokan membuat pola, desain juga bisa di buat dengan kreatifitas kita. Setelah desain selesai di buat,barulah kita membuat pecah pola kecil dan rancangan bahan.

Pecah pola sangat diperlukan untuk membuat jiplakan pada kain. Ada bermacam-macam bagian pola seperti: pola badan,pola lengan, pola rok, pola celana, pola kerah, pola saku, dan sebagainya. Pola yang mengabungkan pola rok dengan pola badan sering di sebut sebagai pola gaun. Banyak sekali pola yang ada dalam pembuatan busana.

Setelah membuat pola kita akan mengubah kain menjadi busana melalui pola yang kita buat dengan menjahit kain. Hal yang pertama sebelum kita menjahit yaitu dengan memotong kain yang sudah kita letakan pola di atasnya.Setelah itu kita memindahkan garis pola ke atas kain dengan cara merader. Dengan begitu kita dapat menjahitnya sampai menjadi sebuah busana yang dapat di pakai.

Keberhasilan dalam pembuatan busana akan terlihat setelah kita coba pakaian tersebut. Busana yang berhasil dalam pembuatannya jika saat kita pakai maka si pemakai akan merasa nyaman dan dan sesuai keinginan.Banyak sekali karya anak SMK PIUS X Magelang yang beraneka ragam dan indah dan bisa di lihat di SMK PIUS X Magelang.

Desain sangat berkaitan dengan pembuatan busana. Desain di artikan sebagai rancangan yang merupakan susunan dari garis, bentuk, ukuran, warna, tekstur,dan value dari suatu benda yang di buat berdasakan prinsip-prinsip desain.Di SMK PIUS X Magelang kita diajarkan membuat desain mulai dari 0 , karena tidak semua murid jurusan busana di SMK PIUS X bisa langsung mengetahui dan memahami secara menyeluruh tentang desain.

Sebelum membuat desain busana kita harus memahami tentang pewarnaan, pewarnaan sangat penting dalam pembutan desain,dasarnya kita harus pandai memadukan warna dan mencampur warna. Di dalam desain juga sangat diperlukan sebuah proporsi sebelum mendesain busana.

Selain memadukan warna dan membuat proporsi kita juga  perlu mencurahkan kreatifitas dan inovasinya pada busana yang akan kita desain. Desain yang kita pelajari di sekolah memacu murid untuk mengambarkan busna yang akan mereka buat.

Dalam pembelajaran desain busana sering kali sekolah memangil alumni yang sudah menjadi desainer atau perancang busana. Karena desain merupakan pengetahuan dasar seorang desainer.Dengan begitu dapat memacu atau memotivasi murid agar dapat mempelajari tentang desain  busana lebih dalam lagi.

Dan kalian dapat melihat karya dan bakat - bakat anak SMK PIUS X Magelang yang bermula dari sebuah desain dan diwujudkan menjadi sebuah busana. Maupun yang masih berupa disain.Dengan begitu menujukan bahwa SMK PIUS X Magelang mempunyai kualitas yang tinggi.

Linda, Nara, Yulia XI Busana Butik, & Arisanto








Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :