HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.205.109.152
Pengunjung : 535.431


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



UPACARA PELEPASAN PKL KELAS XI : PEMBELAJARAN DI DUNIA INDUSTRI

Rabu; 06 November 2019 [Tim WEB SPIXMA, SMK PIUS X MAGELANG] - Berita Umum

UPACARA PELEPASAN PKL KELAS XI :

PEMBELAJARAN DI DUNIA INDUSTRI

  

Rabu, 6 November 2019. SMK merupakan sekolah yang pembelajarannya mengikuti 30% teori dan 70% praktik. Praktik dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Mulai 4 November 2019, siswa kelas XI akan memulai praktik yang dilaksanakan di luar kelas, dan tentu saja secara langsung akan mengikuti pembelajaran di dunia kerja. Karena ini merupakan pembelajaran, maka siswa harus melaksanakan segala tata tertib yang berlaku di sekolah ditambah mentaati tata tertib dan ketentuan yang berlaku di tempat PKL. Satu hal penting yang perlu menjadi perhatian selama menjalani PKL , yakni siswa harus menjaga nama baik sekolah. Hasil dari kegiatan praktik, selain kompetensi yang dimiliki secara pengetahuan, sikap perilaku juga dinilai oleh industri. Efeknya apabila siswa selama menjalani kegiatan PKL bisa menunjukkan kualitas kemampuan akademik, pengetahuan, serta keterampilan yang unggul, bisa saja setelah siswa lulus industri akan merekrut dan menempatkan di industri tersebut. Pengetahuan, perilaku, dan keramahtamahan penting untuk dibawa di setiap perjumpaan dengan orang-orang yang berada di industri yang situasi dan budayanya berbeda ketika di sekolah. Maka, siswa diharapkan mampu mandiri, menjadi siswa yang lebih dewasa dan bisa dipercaya di tempat PKL. Melalui kegiatan PKL, diharapkan siswa bisa memanfaatkan apa yang diperoleh seoptimal mungkin selama PKL yang selanjutnya akan diasah kembali oleh guru-guru pendamping untuk mempersiapkan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) di tahun  2020 yang akan dilaksanakan di Kota Magelang. Semua boleh berprestasi, semua boleh mencoba, semua boleh merasakan apa yang akan terjadi di dalam setiap perlombaan. Saat ini Anda biasa-biasa saja, tetapi setelah Anda lulus dari SMK Pius X, Anda akan menjadi orang-orang yang luar biasa.

Demikian pesan singkat yang disampaikan oleh Drs. Theodulus Tri Sunarta selaku Kepala SMK Pius X dalam amanatnya pada upacara pelepasan siswa kelas XI yang akan menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan di dunia industri. Upacara dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Oktober 2019 di lapangan basket yang diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan semua siswa.

Pelaksanaan PKL selam 6 bulan merupakan kegiatan pembelajaran sistem ganda bersama dengan industri. Hasil penilaian PKL di industri menjadikan syarat dan pertimbangan kenaikan kelas.

Secara resmi, siswa akan mengalami pembelajaran PKL secara serentak mulai tanggal 4 November 2019 – 28 April 2020 yang ditempatkan di berbagai industri, yakni :

Program Keahlian Tata Busana

No

Nama Industri

Kota

Jumlah Peserta

1

Melania Dewi Boutique & Fashion Designer

Yogyakarya

2

2

Omah Tjilik by Alvin Aribowo

Wonosobo

3

3

V+ by Gregorius Vici

Semarang

2

4

House of Susan

Semarang

2

5

“Sanggar Desaku” Goet Poespo

Yogyakarta

2

6

Poly Bridal

Jakarta Barat

2

7

Danijab by Dani Wilastry

Yogyakarta

2

8

Asterany Sandy Bridal & Couture

Magelang

2

9

Kartika Butik & Bridal

Yogyakarta

3

10

Ivory Studio

Sleman

2

 

Jumlah

 

22

 Program Keahlian Tata Boga

No

Nama Industri

Kota

Jumlah Peserta

1

Plataran Resort and Spa Borobudur

Magelang

8

2

Plataran Resort and Spa Ubud

Bali

2

3

Kiki Catering

Jakarta Timur

7

4

Hotel Hyatt Regency

Yogyakarta

7

5

The Sunan Hotel

Surakarta

3

6

Dapur Pandan

Tangerang

7

7

Eastparc Hotel

Sleman

5

8

Atria Hotel

Magelang

4

9

Hotel Neo Malioboro

Yogyakarta

2

10

Virgin Cake & Bakery

Ungaran

5

11

Swiss-Belboutique Hotel

Yogyakarta

2

12

RS. Panti Rapih

Yogyakarta

4

13

Royal Ambarukmo Yogyakarta

Yogyakarta

5

14

Cinema Bakery

Yogyakarta

8

15

Anggrek Catering

Semarang

3

16

Gumaya Tower Hotel

Semarang

5

17

Harper Mangkubumi

Yogyakarta

4

18

R & B Grill

Yogyakarta

3

19

Viantini Catering

Jakarta Barat

4

20

Grand I Batam

Batam

6

21

Teak Tree Autery and Living

Salatiga

2

22

Echosari

Muntilan

1

 

Jumlah

 

100

Selama proses pembelajaran PKL di industry, siswa akan didampingi oleh guru pembimbing produktif boga dan busana dari awal hingga akhir PKL. Kunjungan akan diadakan selama 2 kali sesuai dengan jadwal. Harapan besar sekolah tertumpu pada keberhasilan siswa-siswi peserta PKL, semoga kompetensi siswa di jurusan masing-masing dapat semakin meningkat. (Bu-Was)

   

   

   














Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :